Siapa Yang Lebih Berbahaya Dari Hacker?

- Sabtu, 17 September 2022 | 08:00 WIB
Hacker (Zulfahmi)
Hacker (Zulfahmi)

PELITA PENGETAHUAN - Pada pertengahan tahun 2022 Indonesia dihebohkan dengan beberapa masalah besar, mulai dari kasus pembunuhan Brigadir Joshua yang selama ini masih kontroversial, kemudian kenaikan harga BBM yang berdampak besar bagi masyarakat ekonomi menengah dan rendah, dan kini pemerintah takut dengan kejahatan dunia maya yang mengaku sebagai peretas atau hacker Bjorka.

Hacker Bjorka telah membobol beberapa data penting. Bjorka terus melanjutkan aksinya dengan mengklaim telah membobol sejumlah data penting, seperti dokumen pembunuhan aktivis Munir, identitas pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dokumen Presiden di MyPertamina. ancaman distribusi data.

Hacker Bjorka mengingatkan kita bahwa pada tahun 2008 ada kelompok hacker internasional, yaitu Hacker Anonymous, ketika dia meretas situs Church of Scientology.

Ancaman ini membuat pemerintah resah dengan keamanan akibat peretasan tersebut, hingga kini pemerintah masih mencari siapa Bjorka tersebut? oleh karena itu hacker adalah orang yang sangat ditakuti di dunia cyber.

Pembaca yang budiman, selain dari berita-berita hangat di atas, penulis tidak akan menulis berita terbaru tentang hacker Bjorka.

Namun kali ini penulis akan menjelaskan apa itu hacker, dan apakah memang ada yang lebih menakutkan dari seorang hacker?

Apa itu hacker? Hacker adalah orang dengan pengalaman pemrograman yang mampu menerobos sistem keamanan komputer atau jaringan komputer untuk tujuan tertentu. seorang hacker memiliki kunci untuk masuk ke komputer melalui jaringan dan perangkat keras.

Dari uraian di atas, hacker bukanlah hal yang biasa, melainkan orang yang sangat ditakuti bahkan oleh negara adidaya seperti Amerika dan Rusia. Seperti beberapa bulan lalu, Vladimir Putin diperingatkan oleh kelompok peretas Anonymous bahwa beberapa rahasianya bisa terbongkar dan bahwa Rusia akan menghadapi beberapa serangan siber.

Ancaman tersebut terjadi saat konflik antara Rusia dan Ukraina terjadi. Kelompok aktivis siber menargetkan beberapa situs web pemerintah Rusia dan bahkan memutar lagu kebangsaan Ukraina di saluran negara Rusia.

Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa di era teknologi sekarang ini, para hacker menjadi sangat mudah untuk melakukan cybercrime atau sering disebut dengan cybercrime.

Halaman:

Editor: Zulfahmi Alputeh

Tags

Terkini

X