Mengapa Ibu Mudah Marah Pada Anak ? Ini 5 Faktor Pemicu dan Solusinya.

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 23:57 WIB
ibu dan anak (pixabay)
ibu dan anak (pixabay)

Pontianak, Pelita pengetahuan--Kalau dipikir, seringnya karena hal sepele, tapi kok ya gampang banget mulut ini ngomel ke anak. Bahkan dengan nada tinggi, barang dibanting, mata melotot, kalimat penuh cacian, ancaman hingga doa buruk bahkan sentilan dan pukulan. Mungkin kita harus mengkoreksi diri, jangan-jangan ini di antara pemicu dan solusinya.

Merangkum akun Instagram @caramendidikbalita Pendidikan Anak Usia Dini, , Jumat (09/07/2022), ini sebab mengapa ibu mudah marah pada anak ? ini 5 faktor pemicu dan solusinya.
Baca Juga: Pahami Ini ! Perilaku Buruk Anak Yang Tidak Boleh Dibiarkan

  1. Lelah, panas, lapar, PMS, kurang tidur

Lebih mudah marah kalau lelah urusan domestik ? Maka libatkan anak untuk membantu, turunkan ekspetasi, berbagi tugas dengan suami, gaji ART (Asisten Rumah Tangga) bila mampu, cuci gosok di laundry, makan beli sesekali.

Kerjaan rumah bisa dibagi, hati anak yang patah karena dimarahi ? memang bisa dibeli ?

Maka dari itu, Lapar ? makan ! Panas abis jemur baju ? Ngadem ! PMS ? Minum obat! Kurang tidur ? Merem, jangan main HP mulu..

  1. Kurang pujian dan belaian suami ?

Gak usah nunggu, minta aja dengan lantang dan jelas. Godain duluan. Jangan-jangan suami juga males karena istri terlihat sibuk ngurusin anak mulu dan abai kepada suami.

Padahal anak lebih butuh asupan biologis ketimbang istri. Jangan sampai karena kesal pada suami, hubungan rumah tangga yang tidak harmonis, malah menjadikan anak sebagai objek pelampiasan. No no never, anak salah apa ?

  1. Capek kerja, dikejar setumpuk deadline

Capek pergi pagi pulang malam. Pengennya istirahat tapi anak ngajak main, minta dibacain buku. Sebel karena anak gak ngerti kita capek. Weekend juga serupa, pengennya istirahat gak diganggu anak.

Jadi ini anak main sama siapa ?

Halaman:

Editor: Alansyah

Sumber: instagram caramendidikbalita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ko bisa merokok itu berbahaya ?

Rabu, 13 Juli 2022 | 22:29 WIB
X